Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM)
Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) adalah alat resmi yang memungkinkan mahasiswa memberikan umpan balik atas kinerja dosen, meliputi penguasaan materi, penyampaian, dan efektivitas media pembelajaran.
Setiap akhir semester, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada mengisi kuesioner EDOM. Hasilnya menjadi dasar pembinaan dosen—melalui pelatihan, penghargaan, atau perbaikan metode—serta indikator peningkatan mutu pembelajaran.
Hasil Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa TA 2022/2023
Berdasarkan hasil Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang untuk periode Semester Ganjil dan Genap Tahun Akademik 2022/2023, dapat disimpulkan sebagai berikut:
- Nilai rata-rata kinerja dosen meningkat dari 4,39 pada semester ganjil menjadi 4,46 pada semester genap.
- Nilai minimal mengalami kenaikan dari 4,12 menjadi 4,23, menunjukkan penurunan disparitas kinerja.
- Nilai maksimal naik dari 4,66 menjadi 4,80, menandakan keberhasilan dosen unggulan yang dapat dijadikan role model.
- Tindak lanjut program studi meliputi peningkatan kompetensi dosen melalui pelatihan, refleksi atas umpan balik mahasiswa, pembinaan bagi dosen berkinerja rendah, serta penghargaan bagi dosen berkinerja tinggi.
- Diperlukan penyesuaian indikator EDOM di portal akademik agar relevan dengan metode perkuliahan daring dan luring, serta adanya notifikasi otomatis untuk mendeteksi kekosongan nilai.
Secara keseluruhan, hasil EDOM ini menggambarkan kualitas pengajaran yang stabil dan terus membaik. Upaya evaluasi berkala serta penyempurnaan sistem portal EDOM akan menjadi kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan di Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang.
Hasil Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa TA 2023/2024
Berdasarkan hasil Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang untuk periode Semester Ganjil dan Genap Tahun Akademik 2023/2024, dapat disimpulkan sebagai berikut:
- Nilai rata-rata kinerja dosen pada Semester Ganjil 2023/2024 adalah 4,44, dan pada Semester Genap 2023/2024 sebesar 4,43, menunjukkan stabilitas yang baik meski ada penurunan tipis.
- Nilai minimal pada Semester Ganjil (3,75) dan Genap (4,09) menjadi perhatian utama karena mencerminkan perlunya intervensi cepat untuk dosen dengan performa rendah di masing-masing semester.
- Nilai maksimal tumbuh stabil: 4,70 pada Ganjil dan 4,69 pada Genap, yang menegaskan keberhasilan dosen unggulan sebagai role model dalam metode pengajaran.
- Fluktuasi skor individu menandakan perlunya pendekatan berbeda, yakni:
- Pembinaan dan pelatihan intensif bagi dosen berkinerja rendah.
- Penghargaan dan sharing best practice dari dosen berkinerja tinggi.
- Rekomendasi sistemik:
- Revisi indikator EDOM agar relevan dengan kombinasi perkuliahan daring dan luring.
- Pengembangan notifikasi otomatis di portal untuk mendeteksi nilai belum terinput.
Secara keseluruhan, EDOM 2023–2024 menunjukkan mutu pengajaran yang stabil dengan potensi peningkatan melalui langkah pembinaan terukur dan penyempurnaan sistem evaluasi.